Kamis, 28 September 2017

7 Metode Pengembangan Kreativitas Pada Anak

Image result for 7 Tips Meningkatkan Kreativitas Anak

cara mendidik anak agar kreatif - Jadi orang kreatif juga akan buat hidup tambah lebih baik, daripada orang yg tidak kreatif, monoton, dan tidak miliki hasrat untuk maju. Sebaiknya potensi kreatifitas dipupuk mulai sejak awal atau mulai sejak masa taman kanak-kanak.

Berikut ini yaitu 7 cara pengembangan kreatifitas pada anak umur taman kanak-kanak, yakni :

1. Buat Hasta Karya 

Pengembangan kreatifitas melalui hasta karya juga akan merangsang semua panca indra anak untuk berkreasi. Bukan sekedar segi kognitif (teori belaka). Anak dibebaskan berimajinasi dalam buat hasta karya.

Misalnya : gedung pencakar langit dari kartu, batu akik dari kancing, pizza dari plastisin, boneka jari berupa tikus, kupu-kupu cap daun, profila dari stik es cream, pembatas buku dari photo, dan sebagainya.

2. Melatih Imajinasi Anak 

Anak umur 3- 4 th. dapat memikirkan apa sajakah. Ember ibunya dapat ia menjadikan perahu, ayahnya dapat beralih jadi kuda atau gajah. Jadi latihan, beri pulpen pada anak : pulpen dapat ia imajinasikan jadi payung, es cream, sisir, dan apapun sesuai daya imajinasi anak.

3. Eksplorasi 

Eksplorasi adalah aktivitas menelusuri suatu objek untuk menggali pengetahuan lebih mendalam. Anak disuruh mencermati suatu objek dan menceritakannya kembali dengan bhs mereka.

Misalnya : anak mengetahui kambing, berapakah jumlah kakinya, apa warna bulunya, mengapa ia jarang mandi, apa makanannya, dimana ia tinggal, apa yang membedakan kambing jantan dan kambing betina, dan sebagainya.

4. Uji coba 

Setiap anak memiliki bakat jadi ilmuwan. Rasa keingintahuannya yang besar mendorong anak-anak untuk mencermati alam di sekelilingnya. Melalui uji coba anak tidak takut melakukan kekeliruan, suka mencermati kondisi di sekelilingnya.

Misalnya : ketika Kamu berada di rumah sakit, tanyakanlah padanya, ada berapakah orang yang berbaju biru? dan sebagainya. Uji coba dapat dilakukan dengan beberapa bahan yang mudah diperoleh di dapur, halaman belakang rumah atau warung di dekat rumah. Misalnya : telur, batu, biji-bijian, dsb.

5. Buat Project Kecil 

Cara kreatif project memberi anak-anak peluang untuk memecahkan masalah keseharian dalam aktivitas grup. Aktivitas ini mengajarkan learning by doing.

Misalnya : project menanam bibit tanaman buah, project menulis narasi dengan topik tertentu, one day one book, market day, festival kreatifitas anak, project beternak puyuh, project pelihara ikan, dan beda sebagainya.

6. Ajari atau Kenalkan Anak Pada Musik 

Opa AT Mahmud menyebutkan kalau musik yaitu kesibukan kreatif. Seseorang anak yang kreatif terlihat pada sikap senantiasa mau tahu, dan sikap senantiasa ingin coba. Musik yaitu kedisiplinan, berdasar pada riset musik dapat menyehatkan otak kiri dan otak kanan. Yuk bernyanyi dan bergembira lewat musik.

Baca juga : ternak menguntungkan modal kecil

7. Pengenalan Bahasa 

Anak-anak sering bicara mengenai apa yang terjadi pada dianya ataupun orang yang lain. Mereka bicara untuk keluarkan apa yang berada di fikiran mereka. Sikap ini mendorong pemakaian bhs dan dialog dengan orang yang lain. Dengan aktivitas itu, diinginkan kekuatan kreatifitas dan berbahasa anak berkembang jadi lebih maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *