Minggu, 22 Oktober 2017

8 Tahapan Membuat Website dari Nol

Related image

jasa pembuatan website murah dan berkualitas - Bagaimana tahapan membuat website dari nol, artikel ini saya tujukan terutama buat pemula bagaimana sich cara buat website.

Baik segera saja ya rekan2, Tahapannya yaitu :

1. Identifikasi Kebutuhan 

Point ini sangat penting, seperti ingin keluar rumah kita perlu tahu dahulu kita ingin kemana, seperti buat sebuah rumah kita harus tahu dahulu kita ingin seperti apa, 2 kamar tidur 1 kamar mandi ada ruang dapur, contoh demikian.
sama seperti kita buat website, kita corat coret dahulu apa kebutuhannya, apabila website itu untuk kita gunakan sendiri mudah tinggal bertanya diri kita sendiri, merenung….. sembari tangan mencorat coret kertas….

Apabila kita membikinkan untuk orang yang lain, bertanya apa kebutuhannya, apa sajakah menu2 nya, fitur2nya
Apabila kita jadi konsultan dan mereka client janganlah lupa kita memerlukan sinyal tangan mereka agar tidak mudah mengubah atau menaikkan di dalam jalan. Mengubah atau menaikkan bisa namun kelak setelah usai dan dengan kesepakatan baru.

Identifikasi juga desainnya ingin seperti apa, contoh latar belakang putih, maunya yang sederhana dan beda sebagainya. mengapa sekian? agar jangan pernah kita salah dan kerja dua kali


2. Buat Desain 

Setelah kita ketahui kebutuhannya apa, kita design websitenya. Bila kita dapat design sukur tinggal kita mainkan imajinasi dan kreatifitas kita. Namun bila kreatifitas nya pas-pasan lebih baik gunakan jasa desainer.

3. Buat Database 

setelah itu buat database, Database apa sich? Database itu area untuk menyimpan data. seperti lemari area untuk menyimpan baju. Kan kita ngga ingin kan kontent website itu itu…aja.. kita pingin ganti2 sering up-date, nah itu mengapa perlu database buat masukin updatenya.

4. Programming atau Coding 

Nah ini bagian terlama dan terberat. buat programnya agar dapat jalan. coding ini berat, harus ngetik baris untuk baris satu persatu. walau memakai frame-work tetaplah saja ada bagian yang perlu kita tulis codingnya. Tak ada jalan pintas bila masalah programming. Belajar programming perlu kesabaran karena memang jalan yang panjang….

5. Pesan Domain dan Hosting 

Setelah coding jadi nah tinggal pesen domain dan hosting.

Apa sich Domain dan Hosting

Apakah itu Domain

bila kita miliki rumah kita perlu alamat tempat tinggalnya, Jalan apa RT/RW No rumah berapakah, maksudnya agar bila orang cari rumah kita mudah ketemu Nah seperti tersebut domain. Domain yaitu alamat url website contoh sekolahkoding. com

Apakah itu Hosting

Untuk memiliki Domain dan Hosting kita perlu beli dari yang jual jasa domain hosting terdapat beberapa, googling keluar banyak. hanya saja pilihlah yang dukungan nya bagus dan cepat.

Saat kita telah beli Domain Hosting kita juga akan di beri Cpanel buat mengelola domain hosting kita.

6. Unggah ke Hosting 

Setelah hosting siap maka unggah program yang telah kita buat. Cara uploadnya memakai dapat FTP atau segera dari Cpanel. Terdapat beberapa pilihan FTP yang populer adalah FileZilla.

7. Mainkan SEO 

ingin ngga sich website yang kita buat capek2 dapat keluar di google no 1, pingin kan tentu, bagus soalnya

Nah pengetahuan itu namanya SEO, Search Engine Optimization, atau optimalkan website di mesin pencari. Bagaimana langkahnya orang cari info yang keluar di halaman pertama kita, bagus kan.

Dapat kita beli buku SEO atau baca artikel SEO, tekuni dan aplikasikan bertahap.
SEO ada onpage ada offpage, onpage berarti kita maksimalkan yang berada di website, contoh dari pemakaian tag h1 h2, title situs, lalu pakai dan optimalkan meta. terlebih meta description, buat setiap halaman jadi unik, setiap article lain meta description nya. terkecuali meta description, optimalkan juga meta yang beda. khusus untuk meta keywoard menurut google telah usang.

sedang offpage kita optimalkan unsur luar website, contoh perbanyak back link, makin banyak link yang ke website kita maka juga akan makin bagus.


Oh iya omong2 masalah SEO penentuan nama domain diatas sangat dampak di SEO, contoh nama domain konsultankeuangan. com juga akan mudah di cari google saat pengunjung mengetik konsultan keuangan, salah satunya sekali lagi jauhi sinyal strip (-), contoh : konsultan-keuangan. com, mesin pencari juga akan memprioritaskan yang tanpa ada strip apabila SEO nya sama2 kuat.

Dan yang paling penting, up-date content dengan berkala. sebab google suka apabila ada website dengan content yang up-date. Mengisyaratkan website nya hidup, juga google lebih suka content artikel nya di buat sendiri dari pada copy paste.

bila kata google sendiri, janganlah terlalu ambisi untuk jadi nomor satu di google yang lalu menghalalkan semua cara, google juga akan tahu itu, tetapi kerjakanlah hal yang berkelas buat content yang berkwalitas, bila content kita berkwalitas dan senantiasa up-date pengunjung akan tiba dengan sendirinya. Tanpa ada disuruh posisi kita juga akan naik di google. oke ya…

8. Perhatikan Security nya 

Yang paling akhir perhatikan security. seperti rumah mungkin saja ada maling masuk atau mungkin saja ada yang sebatas iseng corat coret tembok, pemecahannya ya di beri keamanaan. contoh rumah di beri pagar atau teralis agar anak kecil tidak asal-asalan masuk, wah nyatanya masih tetap dapat manjat, berikan keamanan lebih, contoh pagar diberi listrik, gunakan cctv. Apa maksudnya, ya agar rumah aman.

Sama dengan website, website kita mungkin saja tidak aman, kemasukan spam, kemasukan maling data, iseng ganti halaman website, dsb

Langkahnya ya di beri security, tekuni pengetahuan security. Kita mulai aplikasikan dari SQL Injection, agar tidak mudah ditembus SQL kita, kita cermati XSS agar code kita tidak diinject, kita kasih filter file unggah kita, kita off kan daftar global, kita validasi input dari user, dll. Segudang pengetahuan security situs harus kita tekuni dan kita aplikasikan agar situs kita aman.

Lihat juga : jasa pembuatan website di papua

Sayang kan kita telah buat capek2 rumah kita, tetapi nyatanya dirusak oleh orang.
sayang kita telah capek2 buat situs kita, tetapi nyatanya data penting kita diobrak abrik sama orang.
Ngga ingin kan rumah kita yang bagus dicorat coret sama anak kecil yang iseng, malu kita sama tamu Ngga ingin kan situs kita yang bagus jadi bahan tertawaan karena halaman depannya dirubah gambar pinokio sama orang yang iseng, malu sama pengunjung situs kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *